details iamge

Berapa Biaya Pemadam Kebakaran? Simak Fakta Lengkapnya di Sini!

Saat ini, layanan pemadam kebakaran tidak hanya digunakan untuk memadamkan api saja. Banyak orang yang menghubungi mobil pemadam kebakaran untuk melakukan tugas lain seperti evakuasi binatang liar yang masuk ke rumah, menyelamatkan anak-anak yang terjebak di pagar dan masih banyak lagi. Lantas, adakah biaya sewa pemadam kebakaran?

Ada kepercayaan yang beredar di masyarakat bahwa ketika kita memanggil damkar, ada biaya pemadam kebakaran tertentu yang harus dibayar.  Maklumlah, petugas pemadam kebakaran yang bertugas tentu digaji. 

Belum lagi APAR pemadam kebakaran dan perlengkapan lain seperti sepatu pemadam kebakaran, baju pemadam kebakaran dan helm pemadam kebakaran yang mereka gunakan saat melakukan penyelamatan. Ini tentu memerlukan biaya yang tidak murah.

Baca juga: Makna dan Fungsi di Balik Warna Baju Pemadam Kebakaran 

 

 

Bagaimana Cara Memanggil Pemadam Kebakaran?

Sebelum mengetahui apakah biaya petugas pemadam kebakaran gratis atau tidak, hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara memanggil petugas pemadam kebakaran. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Hubungi nomor damkar terdekat. Nomor damkar untuk setiap daerah sebenarnya berbeda-beda. Namun, kalau kamu tidak tahu kamu bisa menghubungi nomor nasional yakni 113
  • Deskripsikan lokasi dengan jelas, jangan sampai kami panik agar petugas tidak bingung
  • Sambil menunggu petugas tiba dengan alat pemadam api berat, kamu dan orang-orang di lokasi bisa membantu mengkondusifkan lokasi agar api tidak membesar. Jangan lupa follow up kembali untuk mengetahui posisi petugas damkar
  • Jangan lupa deskripsikan situasi terkini. Jika petugas sudah dekat, pandu mereka agar bisa menemukan lokasi kebakaran dengan cepat.

Terakhir, perlu diingat bahwa biaya biaya pemadam kebakaran itu gratis. Jika ada pihak-pihak yang mencoba memungut biaya, bisa dipastikan itu adalah tindakan pungli yang perlu ditindaklanjuti.

 

Lalu Berapa Biaya Pemadam Kebakaran yang Dibutuhkan?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, adanya biaya untuk memanggil petugas pemadam kebakaran itu hanya mitos belaka alias tidak ada (gratis). Menurut TerasJakarta.id, tidak ada biaya pemadam kebakaran yang harus dibayarkan oleh masyarakat yang menggunakan jasa damkar. Ini karena damkar adalah organisasi nonprofit sehingga masyarakat bebas menggunakan jasa mereka tanpa biaya.

Pembebasan biaya retribusi pemadam kebakaran ini berlaku di semua dinas damkar seluruh Indonesia. Jadi, jika ada kebakaran atau kondisi darurat yang memerlukan bantuan petugas pemadam kebakaran, jangan ragu untuk meminta pertolongan, ya!

 

Berapakah Gaji Pemadam Kebakaran?

Mengingat pekerjaan damkar adalah tugas yang penting dan mulia, banyak orang yang penasaran tentang bagaimana cara menjadi pemadam kebakaran dan berapa kisaran gajinya? Perlu diketahui bahwa petugas damkar ada yang berstatus PNS dan non-PNS. 

Untuk yang berstatus PNS, seleksi masuk dan skema gajinya mengikuti golongan PNS yang dimiliki oleh masing-masing petugas. Sedangkan untuk petugas non-PNS, bisa mengikuti seleksi sesuai persyaratan dinas pemadam kebakaran setiap daerah (bisa berbeda-beda). Gaji petugas damkar sendiri berkisar Rp1.750.000 – Rp4.000.000 per bulan.

Berdasarkan jabatannya, petugas damkar ada yang posisinya langsung menangani api, ada yang bertugas sebagai manisis yang mengatur manuver kendaraan saat penanganan pemadam kebakaran. Terakhir, ada juga petugas yang melakukan koordinasi dan perencanaan terkait penanganan kebakaran. Semakin rumit dan berisiko tugasnya, semakin besar gaji yang akan diterima.

 

Apakah ada Tugas Lain Pemadam Kebakaran?

Selain memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga memiliki berbagai tugas lain untuk membantu masyarakat dan timnya yakni:

  • Menyelamatkan orang dari kebakaran dan situasi darurat lainnya
  • Mengatasi kebocoran bahan beracun dan limbah berbahaya
  • Melakukan penyuluhan, inspeksi, dan identifikasi risiko kebakaran
  • Menyelidiki penyebab kebakaran untuk pencegahan dan klaim asuransi
  • Memberikan informasi keselamatan kebakaran kepada masyarakat
  • Terus-menerus mengikuti pelatihan untuk memperbarui keterampilan
  • Memastikan keselamatan tim dan peralatan pemadam kebakaran.

 

Dalam situasi darurat seperti kebakaran, 10 alat pemadam kebakaran dan pemahaman tentang layanan pemadam kebakaran sangat penting. Meskipun banyak orang khawatir tentang biaya pemadam kebakaran, faktanya adalah biaya ini GRATIS. Ini adalah layanan yang disediakan untuk keselamatan masyarakat tanpa biaya tambahan. 

Tetaplah siaga, dan pastikan untuk memanggil pemadam kebakaran jika diperlukan. Keselamatan tidak boleh ditunda oleh kekhawatiran akan biaya. Sebagai langkah proteksi, jangan lupa lengkapi rumah, pabrik atau kantormu dengan APAR. Keberadaan APAR sangat penting untuk mencegah api membesar serta risiko lain yang merugikan. Semoga informasi ini bisa membantu, ya!

Share On

Related Information