details iamge

4 Cara Memadamkan Api Listrik Karena Korsleting! Lihat di Sini!

Di era modern, di mana hampir setiap aspek kehidupan kita bergantung pada listrik, bahaya kebakaran listrik menjadi semakin nyata. Dilansir dari Kompas, sepanjang tahun 2023, di Jakarta saja terjadi lebih dari 1.100 kasus kebakaran dan penyebab terbanyak adalah karena korsleting listrik. Selain memahami korsleting listrik sebagai salah satu penyebab kebakaran rumah, kamu juga perlu mempelajari cara memadamkan api listrik karena korsleting.

Artikel ini akan menjadi panduan komprehensif bagi kamu untuk memadamkan api listrik dengan aman, termasuk langkah-langkah yang harus diambil, peralatan yang digunakan, kesalahan yang harus dihindari, dan tips pencegahan.

 

 

Langkah & Cara Memadamkan Api Listrik dengan Aman

Perlu diketahui bahwa kebakaran karena korsleting termasuk ke dalam klasifikasi kebakaran tipe C. Cara memadamkan api korsleting listrik bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Simak detailnya berikut ini!

 

1. Putuskan Sambungan Listrik pada Bangunan

Langkah pertama dan paling krusial adalah memutuskan sambungan listrik pada bangunan. Hal ini dapat dilakukan dengan mematikan sakelar utama atau MCB (Miniature Circuit Breaker) di panel listrik. Hindari menyentuh kabel atau peralatan listrik yang beraliran listrik dengan tangan kosong.

 

2. Memadamkan Jalur Api Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

Setelah aliran listrik terputus, gunakan alat pemadam api yang tepat untuk memadamkan api. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) jenis CO2 (Karbon Dioksida) sangat direkomendasikan untuk kebakaran listrik karena dapat memadamkan api tanpa meninggalkan residu yang merusak peralatan elektronik.

 

3. Menggunakan APAR CO2 untuk Kebakaran Listrik

Cara memadamkan api karena listrik dengan menggunakan jenis APAR CO2 bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Arahkan selang APAR ke sumber api
  • Jaga jarak aman dan semprotkan gas CO2 ke arah api dengan gerakan menyapu
  • Pastikan seluruh api padam sebelum menghentikan penyemprotan

 

4. Menggunakan Selimut Anti Api

Selimut anti api, juga dikenal sebagai selimut pemadam, terbuat dari bahan tahan api seperti fiberglass atau kain aramid. Fungsinya untuk memadamkan api kecil dengan cara memotong suplai oksigen. Kamu cukup melemparkan selimut ini ke atas api untuk mengungkungnya dan menghentikan penyebaran api.

Jika api kecil dan mudah dikendalikan, gunakan selimut anti api untuk memadamkannya. Selimut ini terbuat dari bahan tahan api yang dapat memadamkan api dengan cara memutus suplai oksigen. Cara memadamkan api korsleting listrik dengan menggunakan selimut api adalah sebagai berikut:

  • Tarik selimut api dari wadahnya
  • Berjalan menuju api dengan selimut sebagai perisai
  • Tutupi api dengan selimut rapat-rapat
  • Tekan selimut ke bawah untuk memadamkan api
  • Perhatikan asap putih tanda api padam
  • Biarkan selimut menutupi api beberapa menit
  • Buang selimut setelah digunakan.

 

5. Jangan Gunakan Air Untuk Memadamkan Kebakaran Listrik!

Kesalahan fatal yang sering terjadi adalah menggunakan air untuk memadamkan api listrik. Air dapat menghantarkan arus listrik dan membahayakan keselamatan Anda. Selain itu, air dapat merusak peralatan elektronik dan memperparah kerusakan akibat kebakaran. 

 

6. Segera Panggil Pemadam Kebakaran

Meskipun api sudah padam, segera hubungi pemadam kebakaran untuk memastikan api benar-benar padam dan tidak ada bahaya yang tersisa. Petugas pemadam kebakaran memiliki keahlian terkait cara memadamkan kebakaran listrik dan peralatan yang tepat untuk menangani situasi ini dengan aman.

Dalam penanganan api kebakaran karena penyebab korslet listrik, ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari:

  • Mematikan api dengan air. Penggunaan air atau cairan pemadam api yang salah dapat menghantarkan arus listrik dan membahayakan
  • Mencoba memadamkan api dengan alat pemadam api yang salah. Gunakan APAR CO2 yang direkomendasikan sebagai APAR untuk kebakaran listrik, bukan APAR Powder atau Foam. Ketahui juga cara menggunakan APAR yang benar agar proses pemadaman bisa berlangsung dengan lancar
  • Memasuki ruangan yang terbakar. Jika api besar, segera tinggalkan ruangan dan tunggu petugas pemadam kebakaran
  • Menunda memanggil pemadam kebakaran. Api dapat dengan cepat membesar dan membahayakan keselamatanmu dan orang-orang yang ada di dalam rumah.

Lalu, bagaimana cara mencegah kebakaran rumah karena korsleting? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan termasuk:

  • Gunakan instalasi listrik yang aman. Pastikan teknisi ahli melakukan instalasi listrik sesuai standar keamanan.
  • Periksa peralatan elektronik secara berkala. Cek kabel dan peralatan elektronik rutin untuk menghindari kerusakan penyebab korsleting
  • Hindari beban berlebih. Jangan bebani stopkontak dengan banyak peralatan elektronik
  • Matikan peralatan elektronik saat tidak digunakan. Hindari panas berlebih dan korsleting dengan mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan.

Jangan lupa juga menyiapkan APAR dan memasangnya di area yang berisiko tinggi mengalami kebakaran. Sahabat Utama Suksesindo sebagai importir sekaligus menyedia jasa jual alat pemadam kebakaran menyediakan berbagai jenis APAR sesuai kebutuhanmu. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya!

Share On

Related Information