details iamge

Ini Dia Jenis dan Arti Warna Helm Safety, Jangan Salah Ya!

Helm safety adalah salah satu jenis alat pelindung diri yang biasa digunakan di proyek, tambang atau tempat kerja yang memiliki risiko tinggi. Helm safety juga merupakan bagian dari fire and safety system di rumah sakit atau pabrik. Helm ini memiliki beberapa warna dan arti warna helm safety juga berbeda-beda.

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. PER.08/MEN/VII?20210 mengenai APD, helm safety adalah alat yang melindungi pemakainya dalam K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Dalam artikel ini kita akan membahas arti dari warna helm safety di proyek agar kamu tahu kegunaan masing-masing warna. Simak penjelasannya sampai tuntas, ya!

 

 

1. Warna Helm Safety Putih

Arti warna safety helmet menunjukkan posisi pemakainya. Warna putih adalah helm yang digunakan oleh manajer di lokasi proyek. Helm putih juga digunakan oleh petugas kendaraan atau operator yang memiliki kompetensi tertentu. Meski begitu, ada strip pada helm yang membedakan posisi pemakainya:

  • Petugas yang posisinya sebagai pelaksana helmnya dilengkapi dengan 1 strip sepanjang 8 milimeter
  • Petugas yang posisinya sebagai kepala pelaksana, helm putihnya dilengkapi dengan 2 strip (2 x 8 milimeter)
  • Petugas yang posisinya kepala proyek, helm putihnya dilengkapi dengan strip 3 buah ukuran 8 milimeter dan 1 strip lagi berukuran 15 milimeter di bagian atas helm.

 

2. Warna Helm Safety Kuning

Arti warna helm safety proyek yang digunakan menunjukkan bahwa orang tersebut bertugas memberikan sinyal di lokasi proyek. Warna ini terlihat mencolok sehingga mudah terlihat dan dikenali dari kejauhan.

 

3. Warna Helm Safety Merah

Arti warna helm safety warna merah menunjukkan bahwa pekerja tersebut bertugas di unit K3. Orang yang memakai helm warna merah di sebuah proyek biasanya adalah mereka yang punya jabatan sebagai pengawas sistem pengamanan di proyek tersebut.

 

4. Warna Helm Safety Biru

Helm safety warna biru biasanya dikenakan oleh pekerja yang bertugas di unit ME (Mekanikal Elektrikal). Helm ini juga bisa dipakai oleh petugas yang bekerja sebagai pengawas sementara, operator teknis kelistrikan, tenaga ahli bangunan kayu sampai supervisor lapangan. 

Perlu diketahui bahwa setelah tahun 2017, Build UK, organisasi terkemuia di bidang konstruksi Inggris mengeluarkan aturan baru yang menyebut bahwa helm biru merupakan warna helm untuk pengunjung proyek. Namun, masih ada perusahaan yang memberikan helm putih polos atau warna abu-abu sebagai helm untuk pengunjung proyek.

 

5. Warna Helm Safety Hijau

Helm warna hijau merupakan warna helm yang dipakai oleh petugas yang posisinya di unit kerja lingkungan. Biasanya mereka berasal dari peneliti lingkungan atau pengawas lingkungan dari proyek yang sedang dibangun. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mereka yang memakai helm warna hijau di proyek adalah spesialis atau pakar lingkungan dari proyek yang sedang dilaksanakan.

 

6. Warna Helm Safety Orange

Helm safety warna orange biasanya digunakan oleh petugas atau kru yang berada di jalan raya. Ada juga yang menggunakan helm warna orange untuk tamu yang datang berkunjung ke proyek. Warna yang mencolok ini membantu meningkatkan visibilitas pemakainya.

Selain warna-warna helm di proyek, kamu juga perlu mengetahui arti warna helm safety di rumah sakit. Pasalnya, helm safety di rumah sakit memiliki tujuan pemakaian yang sedikit berbeda yakni untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Adapun helm-helm tersebut adalah:

  • Helm merah (code red) adalah petugas yang bertugas melakukan pemadaman api jika terjadi kebakaran
  • Helm biru. Petugas dengan helm biru bertugas melakukan evakuasi pasien jika terjadi kebakaran
  • Helm putih. Petugas dengan helm putih bertugas untuk melakukan evakuasi dokumen-dokumen jika terjadi kebakaran
  • Helm kuning. Petugas dengan helm kuning bertugas mengevakuasi alat-alat medis saat kebakaran terjadi.

Selain helm, rumah sakit juga wajib dilengkapi dengan APAR. Jika perlu, petugas juga sebaiknya menggunakan sarung tangan pemadam dan baju pemadam kebakaran saat melakukan evakuasi untuk meminimalisasi risiko yang merugikan.

Selain memahami arti warna setiap safety helm, setiap orang yang bekerja di proyek atau rumah sakit juga sebaiknya memiliki pengetahuan yang memadai terkait simbol pemadam kebakaran, warna-warna api hingga klasifikasi kebakaran.

Memahami simbol pemadam kebakaran, warna api, dan klasifikasi kebakaran adalah kunci keselamatan di proyek dan rumah sakit. Pengetahuan ini membantu orang mengidentifikasi jenis bahaya kebakaran, menemukan peralatan pemadam yang tepat, dan melakukan evakuasi dengan aman. Dengan bereaksi cepat dan tepat saat kebakaran, nyawa dapat diselamatkan dan kerusakan dapat diminimalkan.

Lengkapi APAR dan perlengkapan proteksi kebakaran di lokasimu dengan mengecek Sahabat Utama Suksesindo.

Share On

Related Information