details iamge

Makna dan Fungsi di Balik Warna Baju Pemadam Kebakaran

Jika kamu memerhatikan petugas pemadam kebakaran yang sedang bekerja memadamkan api, kamu mungkin menyadari bahwa warna baju pemadam kebakaran itu bisa berbeda-beda. Perbedaan warna seragam pemadam kebakaran bukan hanya soal gaya saja melainkan merupakan elemen yang penting ketika menjalankan tugas memadamkan api.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang jenis-jenis warna seragam pemadam kebakaran beserta artinya. Simak sampai tuntas, ya!

 

 

Sejarah dan Evolusi Warna Baju Pemadam Kebakaran

Warna baju petugas pemadam kebakaran telah mengalami evolusi yang menarik selama berabad-abad. Awalnya baju pemadam kebakaran terbuat dari bahan yang tebal dan berwarna hitam atau coklat untuk melindungi diri dari asap dan api. Warna ini juga praktis karena tidak mudah kotor.

Abad ke-18, warna baju pemadam kebakaran merah mulai digunakan di beberapa negara Eropa karena dianggap lebih mudah terlihat di tengah asap dan api. Abad ke-20, warna kuning dan oranye mulai populer karena lebih terlihat dalam kondisi minim cahaya dan lebih tahan panas.

Saat ini, kebanyakan negara menggunakan warna baju pemadam kuning atau oranye karena visibilitasnya yang tinggi dan ketahanan panasnya. Warna-warna ini juga memiliki makna simbolis, seperti keberanian dan pengabdian. 

Lalu apa warna baju pemadam kebakaran di Indonesia? Warna yang umum dipakai oleh petugas saat sedang memadamkan api umumnya adalah kuning dan oranye. Baju pemadam kebakaran warna biru juga biasa digunakan, namun untuk seragam harian (bukan untuk aktivitas di dekat api atau tempat yang panas).

Informasi tentang warna baju pemadam kebakaran tidak hanya penting diketahui oleh mereka yang ingin tahu cara menjadi pemadam kebakaran saja, tapi juga masyarakat umum. Mengetahui warna baju pemadam kebakaran dapat membantu masyarakat menghimpun petugas pemadam kebakaran dengan mudah di situasi darurat. Sama pentingnya dengan mengetahui simbol pemadam kebakaran.

 

Warna Baju Kebakaran yang Ada Sekarang

Petugas pemadam kebakaran menggunakan berbagai warna baju untuk melambangkan makna dan fungsi yang berbeda:

 

1. Warna Baju Kebakaran Merah

  • Makna: Merah sering dikaitkan dengan keberanian, kekuatan, dan ketangguhan. Warna ini telah lama digunakan dalam konteks militer dan layanan darurat untuk melambangkan semangat heroik dan keberanian 
  • Fungsi: Warna merah yang mencolok sangat efektif dalam menarik perhatian, bahkan dari jarak jauh atau dalam kondisi visibilitas rendah seperti asap tebal. Hal ini sangat penting dalam situasi darurat.

 

2. Warna Baju Pemadam Kebakaran Kuning

  • Makna: Kuning adalah warna yang sering dikaitkan dengan peringatan dan perhatian. Ini adalah warna yang umumnya digunakan untuk tanda-tanda peringatan di jalan dan berbagai situasi lain yang membutuhkan perhatian ekstra​
  • Fungsi: Kuning sangat mencolok dan mudah terlihat di berbagai kondisi pencahayaan, baik siang maupun malam. Dalam konteks kebakaran, warna ini membantu memastikan bahwa pemadam kebakaran tetap terlihat jelas.

 

3. Warna Baju Pemadam Oranye

  • Makna: Oranye, seperti kuning, melambangkan kewaspadaan dan peringatan. Ini adalah warna yang sering digunakan untuk peralatan keselamatan dan pakaian di lingkungan berisiko tinggi karena menarik perhatian
  • Fungsi: Oranye memberikan visibilitas tinggi dalam situasi kebakaran, terutama di area yang dipenuhi asap. Kemampuannya untuk tetap terlihat dalam kondisi cahaya rendah atau berasap membantu pemadam kebakaran untuk tetap terlihat.

 

4. Warna Baju Pemadam Kebakaran Hitam

  • Makna: Hitam melambangkan kekuatan, profesionalisme, dan kepercayaan diri. Warna ini sering digunakan dalam berbagai layanan profesional dan militer untuk memberikan kesan serius dan tangguh​
  • Fungsi: Baju berwarna hitam biasanya lebih tahan terhadap panas dan sering digunakan dalam operasi yang melibatkan suhu tinggi.

 

5. Warna Baju Pemadam Kebakaran Biru

  • Makna: Biru melambangkan ketenangan, kepercayaan, dan stabilitas. Warna ini banyak digunakan dalam seragam berbagai profesi untuk memberikan kesan profesional dan tenang
  • Fungsi: Biru sering digunakan dalam situasi non-darurat atau sebagai seragam sehari-hari bagi pemadam kebakaran. Ini membantu menciptakan kesan profesionalisme dan kepercayaan diri, serta memberikan diferensiasi visual dari pakaian yang digunakan dalam situasi darurat​.

 

6. Warna Baju Pemadam Kebakaran Perak atau Reflektif

  • Makna: Warna perak atau reflektif melambangkan modernitas, teknologi, dan inovasi. Ini memberikan kesan futuristik dan canggih, mencerminkan penggunaan teknologi terbaru dalam perlengkapan pemadam kebakaran​
  • Fungsi: Bahan reflektif digunakan untuk meningkatkan visibilitas pemadam kebakaran dalam kondisi gelap atau rendah cahaya. Pita reflektif ini memantulkan cahaya dari lampu kendaraan atau sumber cahaya lainnya, membantu memastikan pemadam kebakaran tetap terlihat oleh orang lain dan mengurangi risiko kecelakaan di lokasi darurat​.

 

Warna-warna ini dipilih dengan hati-hati untuk memastikan pemadam kebakaran dapat bekerja dengan efektif dan aman. Jadi, meskipun biaya pemadam kebakaran gratis, keselamatan petugasnya bisa tetap terjaga.

Baju pemadam kebakaran sama pentingnya dengan perlengkapan pemadam lainnya seperti helm pemadam kebakaran, berbagai jenis selang pemadam kebakaran dan mobil pemadam kebakaran.

Butuh berbagai jenis alat pemadam kebakaran di gedung maupun lokasi lainnya? Sahabat Utama Suksesindo sebagai importir alat pemadam kebakaran siap membantu memenuhi kebutuhan 10 alat pemadam kebakaran yang kamu butuhkan. Cek selengkapnya produk kami di sini.

Share On

Related Information