details iamge

SOP Pelatihan Penggunaan APAR Sesuai Standar

Penggunaan APAR yang benar sangat penting dalam mengatasi situasi darurat kebakaran. APAR sendiri adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan yang dirancang untuk memadamkan kebakaran kecil sebelum berkembang menjadi lebih besar dan berbahaya. Memahami tata cara penggunaan APAR yang tepat tidak hanya dapat meminimalkan risiko kerusakan karena kebakaran dan melindungi aset saja, tapi juga bisa menyelamatkan nyawa.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang SOP pelatihan penggunaan APAR yang diberikan dalam training APAR. Simak selengkapnya untuk memantapkan pengetahuanmu seputar tata cara penggunaan APAR yang benar!

 

 

SOP Pelatihan Penggunaan APAR serta Materi yang Disampaikan di Pelatihan 

Sebelum mengikuti pelatihan APAR, kamu akan dibekali informasi penting mengenai teori segitiga api. Teori ini menjelaskan elemen-elemen yang diperlukan untuk terjadinya kebakaran, yaitu panas, bahan bakar, dan oksigen. Dengan memahami teori ini, kamu akan lebih memahami bagaimana APAR bekerja dalam memadamkan api.

Selanjutnya, kamu akan mempelajari klasifikasi kelas kebakaran. Hal ini penting karena jenis media pemadam api yang digunakan berbeda-beda untuk setiap kelas kebakaran. SOP APAR untuk setiap lokasi juga mungkin akan berbeda. SOP APAR klinik misalnya, pasti akan berbeda dengan SOP APAR di pabrik karena risiko dan situasi di lapangan yang berbeda. Kamu juga akan dibekali dengan pemahaman ini untuk memastikan kamu memahami petunjuk menggunakan APAR yang benar.

Terakhir, kamu akan mendapatkan informasi mengenai bagian-bagian APAR dan cara merawatnya. Memahami komponen dan fungsi APAR dengan baik akan membantumu terhindar dari kesalahan penggunaan saat mengoperasikannya.

Secara keseluruhan, pelatihan APAR akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk:

  • Memahami penyebab kebakaran dan cara mencegahnya
  • Memilih jenis APAR yang tepat untuk situasi tertentu
  • Mengoperasikan APAR dengan aman dan efektif, termasuk standar penempatan APAR
  • Merawat APAR dengan baik agar selalu siap pakai.

Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu akan lebih siap untuk menghadapi situasi kebakaran dan membantu menyelamatkan diri dan orang lain.

 

Bagaimana Praktik Langsung SOP Pelatihan Penggunaan APAR?

Praktik langsung penggunaan APAR adalah bagian penting dari pelatihan untuk memastikan setiap karyawan dapat menggunakan APAR dengan benar saat terjadi kebakaran. Teknik yang umum digunakan dalam pelatihan adalah teknik P.A.S.S. (Pull, Aim, Squeeze, Sweep).

  • Pull (Tarik): Tarik pin pengaman APAR
  • Aim (Arahkan): Arahkan nozzle ke dasar api
  • Squeeze (Tekan): Tekan handle untuk melepaskan agen pemadam
  • Sweep (Sapu): Sapu nozzle dari sisi ke sisi di dasar api.

Selanjutnya, instruktur yang berpengalaman akan melakukan demonstrasi langsung cara menggunakan APAR sesuai dengan teknik P.A.S.S. Demonstrasi ini penting untuk memberikan gambaran nyata kepada karyawan tentang cara mengoperasikan APAR dengan efektif. Peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan penggunaan APAR dalam skenario simulasi kebakaran.

 

Evaluasi dan Umpan Balik Ketika Pelatihan

Evaluasi dan umpan balik merupakan bagian penting dari SOP pelatihan penggunaan APAR. Setelah sesi praktik, instruktur akan mengevaluasi kinerja setiap peserta berdasarkan beberapa kriteria, seperti kemampuan menarik pin pengaman, mengarahkan nozzle, menekan handle, dan melakukan gerakan menyapu. 

Umpan balik konstruktif diberikan untuk membantu peserta meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan APAR. Peserta yang membutuhkan lebih banyak latihan dapat diberikan sesi tambahan untuk memastikan mereka siap menghadapi situasi kebakaran.

 

Standar dan Regulasi Terkait Pelatihan APAR

Pelatihan penggunaan APAR harus mengikuti standar dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah dan otoritas terkait. Di Indonesia, salah satu regulasi yang mengatur penggunaan APAR atau peraturan APAR adalah Permenakertrans No. 4 Tahun 1980. Regulasi ini menetapkan bahwa setiap perusahaan harus memiliki APAR yang terawat dengan baik dan memastikan bahwa petugas APAR dilatih secara berkala. 

Memahami dan mengikuti SOP pelatihan penggunaan APAR sangat penting untuk keselamatan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran. Pengetahuan ini tidak hanya melindungi aset dan properti, tetapi juga menyelamatkan nyawa saat terjadi situasi darurat kebakaran. Jangan lupa siapkan APAR di rumah, kantor atau pabrik milikmu untuk perlindungan yang optimal.

Sahabat Utama Suksesindo menyediakan layanan jual alat pemadam kebakaran dengan berbagai jenis dan ukuran APAR. Hubungi kami sekarang juga untuk mengetahui jenis dan harga APAR yang kamu butuhkan!

Share On

Related Information