details iamge

Apa Penyebab Gas Bisa Meledak? Ini Cara Mencegah & Mengatasinya

Bayangkan, rasa panik dan ketakutan melanda saat api berkobar di dapur Anda. Sumbernya? Kebocoran gas yang meledak! Detik-detik mencekam ini bukan hanya fiksi, tapi kenyataan yang dialami banyak orang. Sebenarnya, kenapa gas bisa meledak?

Peristiwa kebocoran gas hingga tabung gas meledak merupakan salah satu penyebab kebakaran rumah yang paling umum. Pada tahun 2023 lalu misalnya, ledakan gas di sebuah rumah makan di Jakarta menelan korban jiwa dan luka-luka. Peristiwa ini menjadi pengingat pahit tentang bahaya gas yang tak terduga.

Mari kita telaah lebih dalam: kenapa gas LPG bisa meledak, bagaimana mencegahnya, dan langkah apa yang harus diambil saat kebocoran terjadi?

 

 

Penyebab Gas LPG Bisa Meledak Apa Ya?

Jika digunakan dengan cara yang benar, tabung gas LPG sebenarnya sangat aman. Lalu, kenapa gas bisa meledak? Ada beberapa alasan penyebab gas bisa meledak yang perlu kamu ketahui yakni:

 

Kebocoran Tabung Gas LPG

Kebocoran pada tabung gas adalah penyebab paling umum kenapa kompor gas bisa meledak. Tabung gas yang bocor, baik karena kerusakan fisik, karet pengunci yang longgar, atau katup yang tidak rapat, dapat melepaskan gas ke udara. Untuk mencegah hal ini, kamu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri gas bocor dan cara mengatasi gas bocor.

 

Munculnya Percikan Api atau Sumber Panas

Percikan api dari kompor, lighter, atau alat elektronik lainnya dapat menjadi pemicu ledakan. Gas yang bocor bercampur dengan udara dan bertemu percikan api, seketika api berkobar. Siapkan racun api untuk mencegah api membesar.

 

Penggunaan Peralatan Gas yang Tidak Sesuai SNI

Kompor, regulator, dan selang gas yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) memiliki risiko lebih tinggi mengalami cacat produk. Produk-produk ini mungkin tidak melalui uji kualitas yang ketat, sehingga berpotensi mengalami kebocoran gas. 

Selain itu, peralatan yang tidak memenuhi SNI sering kali tidak tahan lama dan dapat mengakibatkan kerusakan lebih cepat, yang selanjutnya meningkatkan risiko kebakaran dan ledakan

 

Ventilasi Ruangan yang Buruk

Ruangan yang tidak memiliki ventilasi yang baik dapat menjebak gas bocor. Jika gas ini bertemu dengan sumber api, seperti percikan listrik atau api terbuka, dapat memicu ledakan yang berbahaya.

 

Kurangnya Perawatan pada Peralatan Gas

Penyebab mengapa gas bisa meledak yang berikutnya adalah kurangnya perawatan pada komponen gas yang digunakan. Selang gas yang retak, kompor yang kotor, dan regulator yang bermasalah dapat menjadi celah bagi gas untuk bocor. Perawatan rutin dan penggantian komponen yang rusak sangat penting.

Perlu diketahui bahwa kebakaran yang disebabkan oleh gas LPG termasuk klasifikasi kebakaran kelas B. Jenis APAR yang paling direkomendasikan untuk mengatasinya adalah dengan APAR dry chemical power.

 

Bagaimana Cara Mencegah Ledakan Gas?

Setelah mengetahui berbagai penyebab kenapa gas meledak, hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk kamu pahami adalah bagaimana cara mencegah kebakaran rumah karena gas meledak.

  • Lakukan Pemeriksaan Rutin. Periksa tabung gas, selang, dan regulator secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan. Gunakan sabun cair untuk mendeteksi kebocoran. Bila muncul gelembung, segera tutup tabung gas dan hubungi teknisi
  • Pastikan Instalasi Sesuai Standar. Pastikan pemasangan kompor, regulator, dan selang gas dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan mengikuti standar SNI
  • Gunakan Detektor Gas. Pasang detektor gas di dapur dan ruangan lain yang berpotensi terjadi kebocoran. Detektor ini akan berbunyi nyaring saat mendeteksi gas, memberimu waktu untuk bertindak
  • Hindari Peralatan Listrik di Dekat Sumber Gas. Jaga jarak antara kompor dan stopkontak, sakelar lampu, atau alat elektronik lainnya. Hal ini untuk mencegah percikan api dari peralatan listrik memicu ledakan
  • Jaga Ventilasi yang Baik. Pastikan dapur dan ruangan lain memiliki ventilasi yang baik. Buka jendela dan pintu saat menggunakan kompor gas
  • Ganti Selang Gas Secara Berkala. Selang gas memiliki masa pakai. Ganti selang gas minimal setiap 5 tahun sekali untuk mencegah kebocoran
  • Gunakan Peralatan Gas yang Ber-SNI. Selalu pilih kompor, regulator, dan selang gas yang memiliki label SNI. Peralatan ini telah teruji kualitas dan keamanannya.

Jika kamu beraktivitas di ruangan dengan risiko ledakan gas yang besar, tidak ada salahnya menyiapkan alat pemadam kebakaran di rumah. Ini bisa membantu mencegah api membesar dan mengendalikan kebakaran sampai petugas datang.

 

Tindakan Darurat Saat Terjadi Kebocoran Gas

Jika kamu mencium bau gas atau tanda-tanda kebocoran gas lainnya, ikuti langkah-langkah darurat berikut ini:

  • Tutup Sumber Kebocoran. Tutup katup tabung gas dengan hati-hati. Jika tidak memungkinkan, gunakan kain basah untuk menutup lubang bocoran
  • Matikan Kompor dan Peralatan Listrik. Matikan kompor gas dan semua peralatan listrik di sekitar area kebocoran
  • Buka Jendela dan Pintu. Buka semua jendela dan pintu untuk mengeluarkan gas bocor
  • Hubungi Layanan Darurat. Segera hubungi pemadam kebakaran atau layanan darurat gas di daerahmu. Jangan coba memperbaiki kebocoran sendiri
  • Evakuasi dan Tindakan Keselamatan. Evakuasi semua orang dari rumah dan jauhi area kebocoran. Hindari penggunaan alat elektronik, termasuk handphone, karena dapat menghasilkan percikan api.

 

Butuh APAR, peralatan pemadam kebakaran dan aksesoris seperti baju anti api, sarung tangan hingga berbagai jenis selang pemadam kebakaran? Sahabat Utama Suksesindo siap membantumu dengan menyediakan peralatan berkualitas terbaik. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya.

Share On

Related Information