details iamge

Berapa Biaya Asuransi Kebakaran Rumah? Ini Informasi Lengkapnya!

Memiliki rumah merupakan sebuah pencapaian besar. Namun, di balik rasa syukur dan kebahagiaan, selalu ada risiko yang mengintai. Salah satu risiko yang paling ditakutkan adalah kebakaran. Api yang melalap harta benda dan tempat tinggal dapat membawa kerugian finansial dan emosional yang besar. 

Selain mengetahui penyebab kebakaran rumah dan cara mencegah kebakaran rumah, penting juga membeli asuransi dan memahami biaya asuransi kebakaran rumah. Sebelum memilih produk asuransi untuk tempat tinggalmu, simak terlebih dahulu berapa biaya asuransi kebakaran rumah berdasarkan penyedia asuransi berikut ini!

 

 

Biaya Asuransi Kebakaran Rumah BCA Insurance 

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, BCA juga menyediakan produk asuransi kebakaran rumah lewat BCA Insurance. Biaya asuransi kebakaran rumah yang disediakan BCA preminya mulai dari Rp200 ribuan per tahun. Namun, nilai premi bisa berubah, tergantung nilai uang pertanggungannya.

Untuk mendaftar asuransi, kamu akan dikenakan biaya administrasi dan materai sebesar Rp25.000 (jika nilai premi di bawah Rp5 juta) dan Rp35.000 (jika nilai premi sama dengan atau lebih besar dari Rp5 juta). Untuk peristiwa kebakaran, nilai pertanggungan rumah tinggal dan rukan adalah NIL, sedangkan untuk ruko besarnya adalah 5% dari kerugian yang disetujui atau sebesar 0,1% dari seluruh nilai pertanggungan.

 

Biaya Asuransi Kebakaran Rumah Allianz 

Allianz menyediakan produk asuransi yang akan melindungi properti dari berbagai kerusakan termasuk kebakaran, petir hingga kejatuhan pesawat dan ledakan. Untuk biaya premi asuransi rumah yang dikenakan oleh Allianz adalah 0,0294% dari total nilai pertanggungan. Lalu bagaimana dengan ruko?

Biaya asuransi kebakaran ruko yang dikenakan oleh Allianz adalah sebesar 0,152% dari seluruh nilai pertanggungan. Tambahan premi bisa dikenakan tergantung perluasan manfaat yang diinginka oleh nasabah. Kamu bisa melihat detailnya di sini.

 

Biaya Asuransi Kebakaran Rumah Garda Home

Garda Home dari Garda Oto merupakan produk asuransi rumah yang akan melindungi rumahmu beserta isinya dari kerugian karena kebakaran. Asuransi kebakaran yang disediakan oleh Garda Home cukup terjangkau dengan premi mulai dari Rp100.000 dan proteksi hingga Rp300 juta. Nilai premi biaya asuransi kebakaran Garda Home ditentukan oleh harga aset yang diasuransikan.

Cakupan perlindungan yang diberikan oleh Garda Home cukup luas. Ini mencakup biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing hingga santunan pembelian perabotan kembali yang rusak karena kebakaran. Cek informasi selengkapnya di sini.

 

Biaya Asuransi Kebakaran Rumah Jasindo Syariah

Jika kamu tertarik menggunakan asuransi syariah, Asuransi Kebakaran Rumah dari Jasindo Syariah bisa menjadi pilihan. Premi yang ditetapkan oleh penyedia asuransi bisa berbeda-beda, tergantung daerah tempat tinggalmu, kelas konstruksi rumah, nilai bangunan dan perluasan pertanggungan yang kamu inginkan. Untuk perkiraan biaya premi, kamu bisa menggunakan kalkulator simulasi premi di sini.

 

Biaya Asuransi Kebakaran Rumah Askrindo

Produk asuransi Askrindo disediakan bagi pemilik properti termasuk rumah, rumah sakit, hotel, pertokoan, gudang dan lain sebagainya. Selain memberikan ganti rugi, nasabah juga bisa mendapatkan manfaat perluasan termasuk kerusakan karena gempa, tertabrak kendaraan, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Asuransi Aksrindo memiliki jangka waktu perlindungan 1 tahun dengan objek pertanggungan selain bangunan termasuk mesin, perabotan, stok dan isi lainnya. Pemberian ganti rugi dilakukan dengan memperhitungkan nulai sebenarnya kerugian sesaat sebelum kerugian terjadi. Simak detailnya di sini.

 

Biaya Asuransi Kebakaran Rumah Zurich

Perusahaan asuransi asal Swiss ini juga menyediakan asuransi untuk melindungi rumah dari kebakaran. Seperti produk asuransi lain yang sudah disebutkan sebelumnya, asuransi Zurich juga melindungi rumah dari kebakaran, tersambar petir, asap, pesawat jatuh dan ledakan. Perlindungan dapat diperluas dengan penambahan premi. Temukan informasi selengkapnya terkait produk asuransi kebakaran rumah Zurich di sini.

Lalu, bagaimana dengan biaya asuransi kebakaran KPR? Rumah yang masih berada dalam periode KPR biasanya sudah dilengkapi dengan biaya asuransi jiwa dan kebakaran KPR. Ini merupakan syarat yang ditetapkan oleh pihak bank sebelum kredit diberikan. Cara menghitung biaya asuransi kebakaran KPR bisa kamu tanyakan kepada pihak bank atau perwakilan developer sebelum akad ditandatangani.

Sebelum membeli asuransi kebakaran, perlu diketahui bahwa biaya asuransi kebakaran terdiri dari beberapa komponen antara lain:

  • Premi dasar. Ini adalah biaya dasar untuk mendapatkan perlindungan asuransi kebakaran. Premi dasar dihitung berdasarkan jenis perlindungan (biasanya perlindungan dasar adalah FLEXAS atau Fire, Lightning, Explosion, Impact of Falling Aircraft, and Smoke)
  • Biaya tambahan atau rider untuk perlindungan ekstra. Jika kamu ingin mendapatkan perlindungan tambahan, kamu perlu membayar biaya tambahan. Contohnya, asuransi untuk kerusakan vandalisme, banjir atau bencana alam lainnya
  • Deductible atau jumlah yang harus dibayar sendiri sebelum klaim. Deductible adalah jumlah yang harus kamu bayarkan sendiri sebelum asuransi menanggung sisa kerugian. Semakin tinggi deductible, semakin rendah premi asuransi.

Memilih asuransi kebakaran rumah adalah langkah penting untuk melindungi aset berharga. Lakukan riset mendalam, bandingkan berbagai produk asuransi, dan pahami biaya serta cakupan perlindungannya. Dengan memilih asuransi yang tepat, kamu bisa memiliki ketenangan hati dan perlindungan finansial dari risiko kebakaran yang tak terduga.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di rumah sebagai bentuk proteksi.  Jika api membesar dan tidak bisa dikendalikan lagi, segera hubungi mobil pemadam kebakaran untuk mengatasinya.

Sahabat Utama Suksesindo sebagai importir alat pemadam kebakaran menyediakan berbagai jenis APAR dan perlengkapan pemadam kebakaran termasuk baju pemadam kebakaran dan sarung tangan. Hubungi kami untuk detail selengkapnya.

Share On

Related Information